Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman


Jumat, 19 Desember 2014

Di kota Makkah ada seorang laki-laki fakir, yang memiliki istri shalihah. Suatu saat si istri berkata kepadas uaminya, “Kita tak memiliki suatu apapun (untuk dimakan).”

Lantas lelaki itu keluar ke Tanah Haram. Sampai akhirnya ia menemukan kantong berisi uang sebanyak 1.000 dinar. Dengan perasaan senang lelaki itu memberitahukan kepada istrinya. Namun si istri tidak senang sama sekali, si istri malah berkata, “Temuan Tanah Haram harus kita umumkan (tidak boleh diambil).” Spontan lelaki itu keluar untuk mengumumkan apa yang ditemukannya.

Ketika hendak mengumumkan barang temuannya itu, ia mendengar ada pengumuman yang menyatakan bahwa seseorang sedang mencari kantong hilang dengan isi 1.000 dinar. Dengan penuh kemantapan, tanpa memikirkan keadaan keluarga di rumah, si laki-laki ini memberikan barang temuannya kepada si pemilik.

“Ambillah 9.000 dinar ini,” kata orang yang mengumumkan tanpa mengambil uang yang 1.000 dinar. “ Apakah kamu mengejekku?”

“Tidak, demi Allah! Ketahuilah, bahwa ada seorang laki-laki dari Irak telah memberiku uang sebanyak 10.000 dinar, dan ia berkata kepadaku, ‘Buanglah yang 1.000 dinar ke tanah haram, kemudian umumkanlah. Jika si penemu mengembalikan maka berikan semuanya. Karena ia termasuk orang yang bisa dipercaya. Sebab orang yang amanah tidak hanya memakannya tapi juga mensedekahkannya, maka sedekah kita akan diterima sebab amanahnya.’


Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 6:31:00 AM WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://batukesel.blogspot.com/2014/12/istri-shalihah-dan-buah-kejujuran.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.